Minggu, 20 Agustus 2017

KH. Mohammad Hasyim Asy'ari Lentera Indonesia

Biasa disebut KH Hasyim Ashari beliau dilahirkan pada tanggal 10 April 1875 atau menurut penanggalan arab pada tanggal 24 Dzulqaidah 1287H di Desa Gedang, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Beliau tutup usia pada tanggal 25 Juli 1947 yang kemudian dikebumikan di Tebu Ireng, Jombang.

KH Hasyim Asy'ari merupakan pendiri Nahdlatul Ulama yaitu sebuah organisasi massa Islam yang terbesar di Indonesia. KH Hasyim Asyari merupakan putra dari pasangan Kyai Asyari dan Halimah, Ayahnya Kyai Ashari merupakan seorang pemimpin Pesantren Keras yang berada di sebelah selatan Jombang.

Hasil gambar untuk kh hasyim ashari
KH Hasyim Asy'ari memiliki pengaruh yang sangat besar tehadap kemerdekaan Indonesia. Pertama dia memfatwakan bahwa perang melawan Belanda adalah jihad (perang suci). Belanda kemudian sangat kerepotan, karena perlawanan gigih melawan penjajah muncul di mana-mana.


Kedua, Kyai Hasyim juga pernah mengharamkan naik haji memakai kapal Belanda. Fatwa tersebut ditulis dalam bahasa Arab dan disiarkan oleh Kementerian Agama secara luas. Keruan saja, Van der Plas (penguasa Belanda) menjadi bingung. Karena banyak ummat Islam yang telah mendaftarkan diri kemudian mengurungkan niatnya.

Namun sempat juga Kyai Hasyim mencicipi penjara 3 bulan pada l942. Tidak jelas alasan Jepang menangkap Kyai Hasyim. Mungkin, karena sikapnya tidak kooperatif dengan penjajah. Uniknya, saking khidmatnya kepada gurunya, ada beberapa santri minta ikut dipenjarakan bersama Kyainya itu. Masa awal perjuangan Kyai Hasyim di Tebuireng bersamaan dengan semakin represifnya perlakuan penjajah Belanda terhadap rakyat Indonesia.

Mungkin dari sedikit perjuangan KH Hasyim Asy'ari diatas saya mendapat banyak sekali pelajaran yang bisa diambil. Pertama beliau memiliki keberanian dan ketegasan yang sangat tinggi. Beliau tidak pernah takut terhadap kejahatan apapun meskipun nyawa nya menjadi taruhan.

Kedua, Beliau memiliki Ilmu yang membuat banyak orang merasa segan dengan nya. Dengan ilmu nya, beliau mampu mempengaruhi dan menyemangati bangsa Indonesia untuk bebas dari penjajahan yang selama itu membuat bangsa Indonesia tersiksa.

Ketiga,  Beliau memiliki pendirian yang kuat, karena Belanda dan Jepang pernah merangkulnya untuk membuat nya berhenti berpihak kepada Indonesia. Namun permintaan itu ditolak mentah mentah oleh beliau.

Semangat dan keberanian beliau lah yang membuat saya terinspirasi dengan KH Hasyim Asy'ari. Bahkan salah satu tokoh dari tiga serangkai yang juga merupakan pahlawan nasional, Dr. Douwwes Dekker, berkata bahwa "Apabila tidak ada semangat Islam di Indonesia, sudah lama kebangsaan yang sebenarnya lenyap dari Indonesia". Pernyataan tersebut salah satunya karena ada nya KH Hasyim Asy'ari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar