Minggu, 02 November 2014

Cara Perbesar Memory Internal Samsung Galaxy Ace S5830

Cara Perbesar Memory Internal Samsung Galaxy Ace S5830


Seperti sudah saya singgung sebelumnya bahwa kita akan gunakan Mini Tool Partition atau CWM recovery. Silahkan pilih sesuai keinginan anda untuk perbesar memory internal Galaxy Ace S5830 milik anda.

Prosedur 1.

Di prosedur 1 ini kita akan menggunakan Mini Tool Partition Wizard Manager jika anda lebih suka gunakan CWM recovery maka ikuti prosedur 2 dibagian bawah. Ikuti prosedur berikut ini dengan hati-hati dan jangan di lonkap.

1. Pertama-tama download Mini Tool Partition Wizard Manager. Silahkan download disini, dan kemudian install di komputer anda.

2. Masukan SD Card anda ke sebuah card reader dan kemudian buka di komputer anda -- ingat bukan dengan kabel USB.

3. Backup semua file ke komputer anda karena proses partisi akan menghapus seluruh data anda.

4. Buka Mini Tool di komputer anda. Temukan SD Card (Ingat! Saat memilihnya, pastikan anda tidak memilih driver komputer anda).
5. Klik kanan dan pilih Delete.
6. Klik kanan lagi dan pilih Create New. Buat partisi “FAT32″ (Disinilah tempat semua file media anda akan ditempatkan. Buat ukuran besar dibanding yang kedua).

7. Pilih “Create as: PRIMARY”
8. Kini, buat sebuah partisi ext2/ext3/ext4 (Saya sarankan ext2 karena berhasil di semua ROM dan kernel). Disinilah semua aplikasi anda akan ditempatkan. Sebaiknya beri besaran 512Mb saja, saya rasa besaran itu cukup hanya untuk aplikasi.

9. Pilih “Create As: PRIMARY” (Pastikan pilih sebagai primary, karena tidak akan berhasil jika tidak di seting sebagai primary).
10. Klik tombol “Apply” pada pojok kiri atas dan tunggu proses selesai.

11. Tempatkan kembali SD Card anda ke ponsel Android anda dan nyalakan.

Prosedur 2

Anda bisa partisi SD card menggunakan CWM recovery.

Pastikan untuk terlebih dahulu backup data anda, karena proses partisi akan memformat SD card anda.

1. Menuju CWM recovery menggunkan kombinasi Home+Power secara bersamaan.
2. Scroll Volume ke atas dan bawah kemudian pilih advance.
3. Pilih Partition SD Card.
4. Setelah memilih partisi SD Card dan hal pertama yang akan anda lihat ialah opsi untuk memilih ukuran partisi yang akan anda buat (umumnya sebesar 512 Mb untuk install banyak aplikasi).
5. Selanjutnya, untuk ukuran. Ini tidak wajib (biarkan di angka O saja.
6. Tunggu hingga selsai. Setelah memilih opsi-opsi ini, SD card anda akan di format dengan ekstensi 512MB SD atau SD ext.

Setelah membuat SD extention menggunakan prosedur diatas. Langkah selanjutnya ialah install A2SD atau Int2Ext.

1. Anda akan membutuhkan SD ext yang telah anda buat.
2. ROM anda mendukung EXT 4 (Cara ini tidak berfungsi para stock ROM official, kecuali jika sudah di ROOT, tentu anda telah root bukan?).
2. Di folder System/etc Int.d (Umumnya custom ROM ada folder ini, jika tidak tersedia maka tanyakan pada developernya karena ini wajib).
3. Copy file yang terattached -- kemudian extrak maka anda akan temukan sebuah file bernama 40int2ext ke folder System/etc/int.d menuggunakan Root Explorer rubah opsi R/W to R/O untuk dapatkan permisi dan bisa paste.
4. Pilih opsi menggunakan Root explorer dengan menekan pada file terattached yang telah di paste dan pilih Permission.
5. Pada stock custom ROM maka anda harus cek semua box atau cara lebih sederhana ialah meninjau file lain yang telah termasuk dalam folder INT.D dan pilih setepatnya. Prosedur sama dapat di ambil dari CM rom.
5. Setelah menyetel permisi maka reboot ponsel anda, tunggu saja, bisa memakan waktu untuk loading file dibutuhkan ke sd-ext.

Beres sudah, saya harap anda bisa. Tolong jangan salahkan siapapun juga jangan salahkan saya jika kamu gagal ikuti langkah-langkah diatas atau ponsel kamu brick. Lakukan cara diatas namun resiko tanggung jawab anda sepenuhnya. Semoga anda berhasil dan sampai jumpa lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar